Kali Biru - Begitu mendengar nama itu, bagi yang belum pernah kesana dan belum pernah mendengar gosib tentang keindahan panoramanya pasti akan bertanya, "Mana kalinya (sungainya) ? Banyak orang yang mengira bahwa kawasan wisata Kali Biru terdapat sungai atau air terjun karena nama daerahnya. Nih aku jelasin kenapa dinamakan Kali Biru, dulu jauh sebelum kita lahir memang disana terdapat sungai yang mengalir dari perbukitan menoreh menuju Waduk Sermo dan sungai tersebut sangat bersih dan saat musim kemarau sungai tersebut berwarna biru kehijauan. Karena sungai dengan warna biru mencolok itulah maka masyarakat menamakan desa tersebut sebagai desa Kali Biru. 

Pembahasan untuk nama sudah selesai. Mari kita lanjutkan ke topik selanjutnya. Kalian sudah tau dimana itu Kawasan Wisata Kali Biru? Untuk kalian yang belum tau, nih aku bagi informasi letaknya. Wisata alam Kalibiru terdapat di perbukitan Menoreh, terletak pada ketinggian 450 m dpl, di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau 10 km dari Kota Wates, ibukota Kulon Progo. Akses jalannya sudah beraspal, hanya saja masih sempit jadi jika kalian menggunakan mobil untuk menuju kawasan wisata tersebut, maka harus gantian saat ada kendaraan (mobil) dari lawan arah karena jalan yang sempit, nanjak dan berliku. Jadi buat kalian yang berkendara menggunakan mobil harus sigap untuk berganti gigi karena jalan yang berkelok dan tanjakan yang begitu tinggi. Kalau menurut kami, berdasarkan pengalaman terakhir kesana untuk elf, long, travelo, micro & bus belum bisa dikatakan aman untuk kesana karena akses jalan yang bagitu sempit. Namun untuk mobil avanza, innova dan kawan-kawannya masih bisa.

Dikawasan wisata Kali Biru sudah disediakan tempat parkir untuk motor maupun mobil yang berjarak dekat dengan kawasan wisatanya. Untuk menuju gardu pandang, kalian harus berjalan kaki dengan tanjakan 75 derajat dan jauhnya sekitar 600m. Cukup melelahkan memang, tapi kalian tidak akan rugi karena pemandangan yang disuguhkan begitu indah. Jika kalian haus atau lapar, banyak terdapat warung yang siap melayani kalian. Jika kalian suka dengan kegiatan petualangan atau tantangan, tidak ada salahnya jika kalian mencoba permainan outbond (tidak perlu kelompok, 1 orangpun akan dilayani). Wahana yang disediakan ada 5 jenis, dimulai dengan kalian haru rock climbing (panjat tebing), kemudian dilanjutkan berjalan diatas jaring, lalu wahana melatih keseimbangan tubuh, dimana kalian harus berjalan diatas 1 tali dan berpegangan pada 1 tali yang ada di atas kepala kita. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan pada jembatan yang pijakan kakinya terbuat dari kayu yang disimpul dan pegangan yang terbuat dari tambang. Dan wahana yang terakhir adalah flying fox, ini adalah wahana terakhir yang paling menarik bagi saya, karena kita bia melihat panorama perbukitan dan waduk sermo dengan begitu jelas dan bebas. Perhentian flying fox berada tepat pada lancscape waduk sermo yang begitu memukau. Disini kalian bisa menyewa jasa foto untuk mendokumentasikan perjalanan outbond kalian dan untuk keamanan outbond dijamin aman karena dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dan kelengkapan yang stadard pula.

Sudah puas dengan outbond? Mari kita berpindah pada tujuan kita yang utama, yaitu berfoto diatas pohon dengan latar hutan dan waduk sermo (yang tentunya pohonnya sudah dimodifikasi dengan apik agar pengunjung bisa nyaman dan aman saat berfoto. Jika kalian ingin berfoto, terdapat 2 spot foto yang disediakan. Namun kalian harus bersabar karena antrenya panjang sekali jika kalain datang kesiangan. Untuk foto, kalian dijatah 2 menit berada diatas, dengan pertimbangan pasti banyak yang antre dibelakang kita.

Jadi inti dari tulisan diatas adalah :

  1. Kendaraan yang memungkinkan kesana adalah : Sepeda motor & City car (untuk elf, micro & bus sementara belum bisa karena akses jalan yang sempit).
  2. Disarankan kalian berangkat pagi-pagi agar bisa menikmati matahari terbit (jika tidak berkabut).
  3. Jika kalian suka tantangan, wajib coba outbond yang tarifnya sangat murah.
  4. Jika kalian ingin berfoto, lebih baik kalian bayar karcis foto terlebih dahulu barulah kalian outbond agar tidak terasa menunggu terlalu lama dalam antrean.
  5. Bagi kalian yang takut ketinggian, wajib menguasai rasa takut kalian karena kalian hanya akan mendapat foto yang bagus ketika kalian berfoto di spot foto yang disediakan (spot ada diatas pohon).
  6. Terdapat 3 spot foto, yang paling bagus memang berada pada spot 1 tetapi dijamin antrenya pasti panjang sekali jika kalian kesiangan. Tapi spot 2 & 3 juga tidak kalah bagus dan hanya berjarak 700m dari spot 1.

 

Ulasan biaya :

  1. Karcis Masuk Kawasan Wisata Kali Biru  Rp. 5.000
  2. Biaya Parkir ( Mobil ) Rp. 5.000
  3. Biaya Parkir ( Motor ) Rp. 2.000
  4. Paket Out Bond Rp. 35.000
  5. Spot 1 Rp. 15.000
  6. Spot 2 & 3 Rp. 10.000

 

Biaya Transport ke Kali Adem dari Kota Jogja :

  1. Avanza : Rp. 500.000.- 
  2. Innova : 650.000.- 

 

Harga tersebut diatas sudah mendapatkaan fasilitas :

  1. BBM & Driver
  2. Durasi 12 Jam 
  3. Tujuan bisa di gabung ke obyek Wisata yang lain seperti : Kalibiru & Borobudur atau Kali Biru - Kebun Teh Nglingho - Pantai Baru, atau silahkan pilih tujuan Anda sendiri.

 

Kira-kira seperti itulah gambaran dari Wisata Kali Biru. Semoga bermanfaat untuk kalian yang berniat kesana, bagi teman - teman yang berada di luar kota dan membutuhkan sewa transport, silahkan hubungi bagian reservasi kami di SMS / WA 0852 2828 6996. Dengan senang hati kami akan membantu Anda.